CERPEN ITU ……..

Pelajaran pertama dimulai. Semua murid harap duduk tenang ya. Dengarkan..eh, baca baik-baik catatan bu guru hari ini.

Oke, kalian sudah tahu apa yang disebut cerpen? Kalau belum tahu, coba ambil majalah yang ada rubrik cerpen dan baca cerpennya. Kenapa saya bertanya seperti ini? Karena banyak orang yang tidak bisa membedakan antara cerpen dengan artikel lain seperti : artikel KISAH NYATA yang sering diterbitkan majalah wanita, artikel psikologi, artikel berupa PARODI di Harian Kompas Minggu yang ditulis Samuel Mulia, artikel PENGALAMANKU YANG LUCU (biasanya ada di majalah remaja), dll.

Cerpen juga berbeda dengan artikel RENUNGAN yang sering saya tulis di Blog Sang Cerpenis.
Walaupun dalam artikel RENUNGAN itu bisa berisi kisah-kisah menarik, tapi…itu BUKAN CERPEN.

CERPEN merupakan sepotong kisah dari seluruh kehidupan seorang manusia. Misalnya : Kisah si Amel yang jatuh cinta pada cowok yang sudah beristeri. Mungkin di kisah ini, ada pergumulan batin Amel. Antara terus menjalin hubungan dengan si pria atau berhenti. Pergumulan batin Amel ini bisa dikemas menjadi cerpen menarik.

Kita bisa mengakhiri pergumulan Amel dengan penyelesaian : AMEL MEMUTUSKAN HUBUNGANNYA karena tidak mau menyakiti hati isteri sang pria. Bisa juga kita buat AMEL TETAP MELANJUTKAN HUBUNGANNYA karena ia sangat mencintai pria itu. Tak peduli apapun resikonya.

Sampai disitu, sebuah cerpen bisa dituntaskan. Tak usah diperpanjang dengan konflik yang berbelit-belit, misalnya : Apa resiko Amel kalau dia melanjutkan hubungannya? Apakah ia akan didamprat sang isteri?

Karena cerpen bukan novel, bukan novelet (novel pendek). Cerpen bukan cerber. Walaupun bisa saja dari sebuah cerpen karena terlanjur panjang dan rumit konfliknya, akhirnya dibuat menjadi cerber.

Sekian pelajaran hari ini. Kalau ada yang mau bertanya, silakan tulis di kolom komentar.

33 Comments »

  1. 1
    buwel Says:

    Wooooowww cukup jelas bu….makasih ya…buwel baru tahu neh kalo pengertian cerpen kek gitu…..

  2. 2
    buwel Says:

    Anaz nggak masuk ya bu….kok belum dateng ya…hehehehehe…oiya kalo ngikutan kayak anaz tentang ngirim artikel cerpennya di kirim nya ke kotak koment atau ke mana ya….? mbak njawab nya bisa di kirim pesan ke fb buwel cikrik ya….heheheheehhe

  3. 3
    buwel Says:

    yaaaaahhhh….mbak anaz…..

  4. 4
    Anazkia Says:

    Halah… gagal deh jadi murid cemerlang.😦

  5. 5
    Anazkia Says:

    Yahuiiii…. usul saya di terima. Horeeee…. sip bu Guru… sip.

  6. 6
    Anazkia Says:

    Oke bu Guru, saya faham semoga saja🙂. Setelah murid baca dan fahami. Ada beberapa pertanyaan muncul di hati… :)Dalam cerpen, apa saja yang di butuhkan bu? maksudnya, dari semuanya. Apakah permasalahnnya, jalan ceritanya, seting dll?.Terimakasih sebelum dan sesudahnya.🙂 salam hormat, sang murid. Ngelirik Buwel yang tiba-tiba gak Bawel..🙂

  7. 7
    buwel Says:

    wakakkkakaakakka….aku tanyanya sama pertanyaannya kayak anaz bu……heheheheh

  8. 8
    Anazkia Says:

    Jiah, tukang nyontek. Gak profesional. Huh! kembali melirik Buwel, manyun, monyok pengen nonjok tuh orang.Bu, gak boleh bales di FB, harus di sini. Wajib! kalah gak, nanti ada perang sodara dua murid bu Guru wekekeke…Bu, segera kasih info tentang pengiriman cerpen ke sini yah? Nanti, Insya Allah, The Ugly Duck kirim ke sini ajah…🙂

  9. 9
    buwel Says:

    wakakakakakakakak…khan belum ada peraturannya di sini, ntar kalo udah ada …baru buwel nggak akan nyontek lagi…xixixixixix

  10. 10
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @buwel : jangan berisik! kalo naksir Anaz to the point aja. Saya setrap kamu ya. Berdiri di depan kelas ya. 2 jam. kedua tangan pegangin 2 kuping. lidah melelet keluar masuk. laksanakan!@Anaz : semua pertanyaanmu itu akan dijawab dlm tips berikut. sabar ya…kalo sekaligus, bu guru bisa gak kerja nih. Postingan tips blog ini gak muncul tiap hari. soalnya, anak bu guru byk nih. maklum lagi masa subur. he he he….Iya, nanti the ugly duck boleh dikirim ke sini. tapi saya seleksi dulu ya. gak semua yg dikirim bisa dimuat. kalo terlalu byk yg perlu revisi gak bisa dimuat lho. tapi itu bukan cerpen bhs Inggris kan? krn kita lagi belajar bikin cerpen berbhs Indonesia.

  11. 11
    Anazkia Says:

    Horeee… tersenyum-senyum, pamer gigi, pamer jigong (eh salah) tepuk tangan (gak pake joged) Ngomel-ngomel, "syukurin, di hukum bu guru, makanya, jadi murid jangan bawel dasar Buwel, bawel!." ganti ekspresi, meletin lidah, weeee… (lho, ini sapa yang di setrap? wekekeke…Okeh deh bu guru, murid faham keadaan bu guru. lah, yah enggaklah, wong saya gak bisa bahasa Inggris mbak ;)Bu Guru, itu murid bawel, sampai kapan di hukumnya? kesian tuh, dah kering lidahnya.😀

  12. 12
    buwell Says:

    halah, sok baik hati…….Nih udah pegel neh…….

  13. 13
    sekarlangit Says:

    Wekekeke…

  14. 14
    TRIMATRA Says:

    wedew…telat dunk ikutan pesta launchingnya blog sastra ini."sempurna" the comment for this blog.sekalian daftarin ke blog sehat saja ya fann

  15. 15
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @trimatra : blog sehat yg mana? blogmu? ok deh, tks ya. @buwel : abis ini kamu lari2 kelilingin 6 rumah bu guru ya. mulai dari rumah stroberi, rumah pelancong terus balik lagi ke rumah sastra ini.

  16. 16
    buwell Says:

    hehehehee….siiip bu, kalo hukumannya kek gini sih buwell nggak di ukum juga kek gitu….hehehehehehe

  17. 17
    buwell Says:

    Udah bu guyu……

  18. 18
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @buwel : bagus..nepuk2 kepala buwel.

  19. 19
    buwel Says:

    makasih…hehehehe

  20. 20
    nietha Says:

    yaah..kelasnya dah bubar..telat datang lagi deh

  21. 21
    Anazkia Says:

    Gak telat mbak Nitha, kapan aja boleh masuk kelas ini. termasuk tengah malam🙂

  22. 22
    buwel Says:

    Selamat datang Nietha Majikan Lumbung Hati…….

  23. 23
    MPH and Yaman community Story Says:

    ikut sekolah ya…

  24. 24
    AWS_[ngofa]_TIDORE Says:

    Bu Guru ada pertnyaan nih, gmana Teknik Merangkai Kata biar Enak Dibaca kaya tulisan2x bu Guru…

  25. 25
    reni Says:

    Jadi cerpen itu penggalan kisah dari kehidupan manusia ya ? Hmmm baru tau nih… *angguk-2 kepala*Makasih bu guruuuu….

  26. 26
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @Aws : nanti akan saya jawab dipostingan mendatang ya.

  27. 27
    Noor's blog (inside of me) Says:

    Biaya pendaftarannya berapa bu..? ikutan ah..

  28. 28
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    gratis kok, Noor.😀

  29. 29
    namaku wendy Says:

    bingung wat nentin topik pik pik:f:

  30. 30
    bening Says:

    waduhhhhhhhhhhhhhhhhhhhhilmu banget nih, thanx ya mbakplezzzzzzzzzz jadikan aku muridmu mbak plezzz plezzz plezzzz (nyembah-nyembah mode on)

  31. 31
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @bening : boleh..gak usah pake nyembah.

  32. 32
    -Gek- Says:

    :oWadao.. Mbak, aku sebagai Amel.Hua hua hua hua hua….(Apaan sih, ni Gek udah gilaaaaaa…)

  33. 33
    AzHis Says:

    PotinGannx bGus mBak, aPalgi bUat yG peNgen baGt nuLis cerpan kayak aQ…saLam keNaL…:x


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: