PARA TOKOH DALAM CERPEN

Menjawab pertanyaan muridku yang paling rajin hadir dan menyimak pelajaran, kali ini saya akan mengajarkan tentang TOKOH DALAM CERPEN. Tentu kalian tahu apa itu TOKOH. Mereka adalah orang-orang yang akan menjadi aktor/artis di dalam cerpen yang kita buat. Sementara, kita adalah sutradara sekaligus pembuat skenario jalan kisah para tokoh.

Karena cerpen hanya berisi satu kisah dari sekian banyak kisah hidup para tokoh, maka sebaiknya jangan terlalu banyak menampilkan tokoh dalam sebuah cerpen. INGAT, CERPEN BUKAN NOVEL. Terlalu banyak tokoh bisa membuat cerpen menjadi panjang, bertele-tele dan bisa membuat pembaca bingung.

Misalnya : Kamu membuat cerpen tentang cinta segitiga antara si A, B dan C. Maka jangan tampilkan sobatnya si A, B dan C. Apalagi kalau sobatnya ketiga tokoh ini ada lebih dari 1 orang. Kalau toh mau ditambahkan pemeran pembantu, cukup 1 atau 2 orang. Jangan terlalu banyak. Atau..kalau mau ditampilkan tokoh ibu, ayah dan pembantu, jangan diceritakan terlalu detail tentang mereka. Cukup tampilkan sekilas.

Dialog dan konflik para tokoh juga difokuskan kepada para pemeran utama.
Oke, sekian pelajaran tentang TOKOH DALAM CERPEN. Any question?

33 Comments »

  1. 1
    buwell Says:

    Siiiippp bu, ternyata gitu ya menulis tokohpertanyaannya …….Nunggu anaz deh…hehehehehh……

  2. 2
    buwell Says:

    Anas kemana sih Bu…

  3. 3
    buwell Says:

    anaaazzzzzzz…..!!!!!!

  4. 4
    buwel Says:

    halah….sendirian ternyata teriak2 dari tadi di sini….absen semua….payah…kekekekkeeke

  5. 5
    Anazkia Says:

    Wekekeke…. ada orang ngomong sendiri. ahui… ngiderin 6 rumah, jadi hilang soalan atau kebenaran :DWellll… i'm coming….

  6. 6
    Anazkia Says:

    Hokeh, sip bu guru. Maaf, datang lambat. Rasanya cukup bu. Terimakasih banyak. Tinggal prakteknya ajaπŸ™‚

  7. 7
    buwel Says:

    Selamat dateng anaz….anaz telat nggak di setrap bu….heheheheh

  8. 8
    buwel Says:

    setrap bu, suruh bw ke anak ibu semua kalo udah di lanjutin ke cikrik….xixixiixixxi

  9. 9
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @buwel : anaz gak disetrap kok. anak emas sih. he he he…wel, kamu tuh mo belajar ato ngelirik anaz? ayoo…ngakuuu!!

  10. 10
    buwel Says:

    waakakakkakakaka…lha tebakannya bu guyu gimana neh…hehehehehhe

  11. 11
    Anazkia Says:

    Duh, bu Guru. Mosok saya anak emas, harusnya buwel tuh yang anak e-MAS (mas Buwel) wekekeke…Haduh2, ini tebakan atau jebakan yah? piss ah mas BawelπŸ™‚

  12. 12
    buwel Says:

    Lha menurut anaz sih…?

  13. 13
    buwel Says:

    Bu pelajarannya di mulai lagi dunk….

  14. 14
    Anazkia Says:

    Wel, bu Guru gak ada. Kita bolos yuk? Kayaknya, bu Guru sibuk.

  15. 15
    RanggaGoBloG Says:

    ikutan nimbruung akh..πŸ˜€

  16. 16
    buwel Says:

    Iya naz, mbolos ajah yuks…..Enak nya 'kita' mbolos kemana ya…?

  17. 17
    Anazkia Says:

    Cari makan dulu Wel, laper nih lum makan. Eh, kayaknya, bukan cuma kita deh, tuh ada Rangga. Ajakin aja sekalian. :)Rangga, mo ikutan gak? (makan angin)

  18. 18
    nietha Says:

    kalo ngajakin rangga, kapan kencannya??bu guru, anaz ma buwel ngedate tuh

  19. 19
    Anazkia Says:

    Duh, mbak Nitha, ini bukan kencan. Tapi, makan istirahat teman sekelas. Khan ada murid baru tuh, Rangga. Nah, kita khan murid yang baik hati dan tidak sombong makanya, ngajakin Rangga.

  20. 20
    Anazkia Says:

    Nah, sekarang, mbak Nitha pun ada jadi, kita makan di kantin berempat yah…?? sama2 makan angin hehehehe….

  21. 21
    buwel Says:

    Wakakakakkaka….mengapa nggak ngedate berempat khan pas tuh….kkakakakakakakak

  22. 22
    MPH and Yaman community Story Says:

    asyik mencatat dulu ah…menunggu tentang bagaimana cara menciptakan konflik, klimaks, anti klimaks, dan cara dapet ide dari pengalaman hehe.. eh penku mati..

  23. 23
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @buwel dan anaz : kapan mo pinter kalo pacaran dan suka bolos terus? X(

  24. 24
    AWS_[ngofa]_TIDORE Says:

    siiip bu guru, tuk smntara blum ada pertnyaan..

  25. 25
    buwel Says:

    iyaaah marah ya bu…maafin ya ;;)

  26. 26
    PRof Says:

    Selalu menyelami tokoh utama….Se-olah2 aku adalah dia…Meraba sedalam jiwameneliti setiap inchi hatiKarena aku adalah dia….

  27. 27
    buwel Says:

    Duuuuh prof udah mo berkunjung ke sini…….makasih prof…bu prof di jadi kan guru tamu bu….

  28. 28
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @prof : bener. saya blm ajarin sampai kesono. boleh jadi guru tamu nih.πŸ˜€

  29. 29
    reni Says:

    Ngerti sih..tapi kenapa merangkainya menjadi satu jalinan cerita kok susah sekali ya ?

  30. 30
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @reni :perlu latihan, Ren.

  31. 31
    namaku wendy Says:

    bu guru ada murid baru nih, ikutan nimbrung yah hehehe :$

  32. 32
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @wendy : selamat datang di kelas Sastra ya.πŸ˜€

  33. 33
    Ramadhan Aditya Says:

    ehmm,.. mau share ajah… kalo aku bikin tokoh pasti gak lepas dari apa yang ada dalam diri sendiri…tinggal terserah kita deh mau dibikin kaya apa tuh rambutnya idungnya matanya…sesuai imajinasi yg mengalir dalam fakta…eh kebalik deng…huhu..πŸ™‚


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: