ALUR CERITA

Setelah ketemu tema, maka yang harus diperhatikan dalam menulis cerpen adalah alur cerita. Ada beberapa alur cerita antara lain :

ALUR FLASHBACK

Pernah baca cerpen or novel yang di awal kisah langsung bercerita tentang masa lalu sang tokoh. Nah, ini yang disebut flashback. Sama seperti kalo kita nonton film, dan di awal adegan sudah menampilkan cerita masa lalu sang Tokoh.

Memakai alur ini boleh-boleh saja, hanya perlu diingat cerpen itu terbatas jumlah halamannya. Jadi, harus dipikirkan baik-baik hasil akhirnya. Jangan sampai gara-gara memakai alur ini cerpen menjadi sangat panjang.

Alur ini lebih cocok dipakai untuk novel atau cerber.

Dalam alur ini, setelah masa lalu dikisahkan, maka cerita diakhiri dengan masa kini.

ALUR MAJU

Alur cerita ini paling banyak digunakan karena lebih mudah dan sangat tepat dipakai untuk mereka yang baru belajar menulis cerpen. Sesuai namanya, alur cerita seperti ini memuat adegan demi adegan yang maju terus. Misalnya : adegan pertama : A ketemu B di mal, adegan kedua : A menyatakan cinta pada B, adegan ketiga : B menerima cinta dan mereka menjadi sepasang kekasih yg bahagia.

Apapun alur cerita yang kamu pilih, pastikan alur yang kamu buat tidak datar dan kaku. Apa sih yang dimaksud dengan datar dan kaku?

Pernah membaca cerpen orang lain yang alurnya membosankan dan rata aja. Alias enggak ada gregetnya. Persis jalan tol. Lurusss aja. Nah, itu yang disebut alur datar dan kaku.

Oke, sampai disini penjelasan tentang Alur. Bila masih tak mengerti, silakan bertanya.

</span

13 Comments »

  1. 1
    buwel Says:

    Waaaahhh alur flashback dan alur maju…..tapi kok ada alur datar dan kaku….bukankah kalo alur flashback yang datar dan kaku juga ada mbak, juga alur maju yang datar dan kaku tentunya ada juga ya….tapi itu keknya ding….heheheehhehh

  2. 2
    nietha Says:

    absen dulu ya bu guru.. mo lanjutin ngegawe. Ntar malam baru aktif dikelasnya..

  3. 3
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @buwel : iya bener. kamu baca dong…kan aku bilang ada alur yg datar dan kaku. tapi aku gak memasukkan alur datar dan kaku itu ke dalam macam2 alur. setiap alur baik flashback maupun maju pasti ada yg kaku.

  4. 4
    buwel Says:

    oooohh iya iya mbak pantesan alur datar dan kaku nggak di tulis tebal ya..heheheheh

  5. 5
    buwel Says:

    maaf bu guyu, ada award…di kirim ke sini boleh nggak…kalo nggak boleh ya ke miss gaptek ajah ya..heheheh

  6. 6
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    boleh wel.

  7. 7
    nietha Says:

    bu guru, absen lagi yak.. lagi terkena virus malas neh..

  8. 8
    buwel Says:

    Suuuuhh pake surat resmi song nieth…nggak sopan…hehehehe :))

  9. 9
    buwel Says:

    maaf s nya pake d ya…salah ngetik neh…maaf…

  10. 10
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    dimaafkan kok, Wel. saking serunya ngetik ya?🙂

  11. 11
    anazkia Says:

    Bu, waktu itu saya dah baca tapi, masih sembunyi jadi, batal deh.🙂

  12. 12
    buwel Says:

    yaaahh sekarang ajah blognya belum bisa di baca kok….:((

  13. 13
    Kabasaran Soultan Says:

    Very nice sharing …..Jadi banyak belajar nih.Thanks ….


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: