BEDAH CERPEN KARYA VIE THREE

Cerpen yang akan saya bedah kali ini adalah cerpen karya Vie Three yang berjudul AKU, KAU DAN KENANGANKU. Dari segi kalimat, cerpen ini sudah oke. Gaya bahasanya khas remaja tapi ada beberapa kelemahan yang harus diperbaiki yaitu :

– Penggunaan huruf besar :
Nama orang harus disebut dengan huruf Besar. Misalnya : “Tapi, kita masih berteman kan, dit?” Seharusnya : “Tapi, kita masih berteman kan, Dit?”

– penggunaan tanda baca :
Harus diperhatikan penggunaan koma. Misalnya : Aku benar-benar merasa kehilangan sosok Adit, Aditlah yang selama ini kupercaya untuk jadi teman. Seharusnya : Aku benar-benar merasa kehilangan sosok Adit. Aditlah yang selama ini kupercaya untuk jadi teman,

– Banyak kalimat yang dibuat tanpa ada titik dan koma yang tepat. Terus saja disambung tanpa jeda. Padahal penggunaan titik dan koma bisa menimbulkan arti yang berbeda.

Alangkah baiknya, setiap kali kita selesai membuat cerpen maka kita harus membaca cerpen itu berulang kali. Kalau tanpa tanda titik, tentu kita akan membaca tanpa henti. Wah, bisa terengah-engah dong.

– Adanya penggunaan kata yang disingkat seolah-olah kamu sedang menulis sebuah SMS. Misalnya : Gara-gara kamu Adit gak mau kumpul-kumpul ma kita lagi.”

Seharusnya : Gara-gara kamu Adit gak mau kumpul-kumpul sama kita lagi.” Cerpen remaja memang banyak dipenuhi bahasa gaul, tetapi sebaiknya jangan menggunakan gaya bahasa SMS. Tidak semua Editor majalah remaja bisa menerima gaya bahasa seperti itu. Coba saja kamu perhatikan cerpen di majalah Kawanku atau Gadis, apakah ada penggunakan gaya bahasa SMS yang penuh dengan singkatan.

– Adanya hal-hal gak penting yang dituangkan dalam cerpen ini :
Coba baca kalimat berikut :
Hal yang harus kulakukan nanti sesampainya di mall itu antara lain :
– Setelah nyampai, muter-muter dulu. Lihat-lihat ada counter baru apa gak sambil merhatiin manusia-manusia yang lucu-lucu. Hehehehehe
– Masuk ke Gramedia. Lihat-lihat juga. Mungkin aja ada koleksi buku terbaru. Atau siapa tahu komik Naruto serial terbaru udah keluar.
– Habis itu, ke KFC. Makan sambil baca buku (gak tau apa yang nanti dibeli) terus cuci mata, siapa tau ada manusia yang aneh. Kan bisa dijadiin bahan gosip besok di kampus.
-Setelah capek, ya…duduk. Liat jadwal bioskop biar besok bisa ajak anak-anak kalo ada film yang bagus. Baru deh pulang

Menurut saya, tidak usah ditulis apa rencana Meta di mall. Toh, di paragraf
selanjutnya sudah dijelaskan apa saja yang dilakukan Meta ketika berada di Mall.
Penulisan hal yang enggak perlu bisa menimbulkan rasa bosan bagi para pembaca.

Namun selain kelemahan yang saya sebutkan di atas, cerpen ini sudah lumayan bagus untuk seorang pemula, dan memenuhi kriteria sebuah cerpen. Hanya perlu sering berlatih menulis dan membaca cerpen/novel karya orang lain. Perhatikan tanda baca, huruf besar dan alur cerita. Lambat laun pasti kamu bisa menghasilkan tulisan yang menarik.

</span

15 Comments »

  1. 1
    t.e.3.k.4 Says:

    wah, kalo baca2 ginijadi pengen buat cerpen lagi *ide datanglah, jangan mentok mulu!!*

  2. 2
    buwel Says:

    heheheheheeh…salutttt mbak bedah nya….😀

  3. 3
    buwel Says:

    Ups, Ralat, Mbak di ganti Bu, Ya….

  4. 4
    anazkia Says:

    Bu Guru, diriku geleng2 kepala😕 kapankah bu Guru memilki waktu untuk merevisi ini semua?

  5. 5
    Ansgarius Says:

    bu guru ini memang guru yang teladan.. bisa aja menyempatkan waktu untuk anak2 muridnya…

  6. 6
    vie_three Says:

    wuaduuuhhhh telat saya, kemaren gak onlen sama sekali….. :|waaahhh terima kasih sekali bu guru fanny, iya juga ya yang itu emang gak terlalu penting…. :fsemoga saya bisa jadi kayak bu guru, harus terus diasah ya bu kemampuan ini…. terimakasih banget bu, ini termasuk masukan yang benar-benar berarti bagi saya :s

  7. 7
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @anaz : kan wkt baca cerpennya udah ketahuan apa aja yg mesti diperbaiki. jadi gak terlalu bnyk makan waktu kok.

  8. 8
    Susy Ella Says:

    ella datang nih bu guru…..mau masuk kelas ..tapi pengen dikasih jus stroberi ma bu guru dulu hehehh

  9. 9
    Fanda Says:

    Fan, mau nanya nih. Aku lagi coba2 bikin cerber karena punya ide cerita yg lumayan rumit. Sehingga kayaknya kepanjangan kalo jadi cerpen. Mau gak kamu baca dan kasih kritik/saran? Sdh ada teman yg kumintai komentar. Kata beliau ada sesuatu yg kurang tp ga tau apa. Ga perlu dibedah dan diposting di blog ini coz rencananya mau aku post di blogku Sungai Hidup. Kalo kamu setuju, nanti aku kirim plot cerita dan part 1-nya. Gimana?

  10. 10
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @ fanda : boleh aja, Fan. kirim aja ke imelku shianno@yahoo.com

  11. 11
    Fanda Says:

    Fan, aku sudah kirim via e-mail. Tp lupa ga kuganti fontnya ke 12 dan spasi dobel. Semoga ga pusing yah, kan cuma 2 halaman…Sori deh!

  12. 12
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    oke deh. aku baca dulu ya.

  13. 13
    Fanda Says:

    Fan, thanks sdh baca cerberku. Lega deh kalo menurutmu not bad. Aku akan lanjutin deh…Tapi klo dari plotnya, kira2 gimana?

  14. 14
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @fanda : krn baru bagian pertama belum terlihat ya. tapi utk sementara sih masih oke plotnya.lancar jaya.

  15. 15
    aRa_jAsminE Says:

    aku anak baru ni… lam knl smw'a………btw bu guru tu siapa??? bs jd editor ya?? kl gt aq mw cerpenku di edit dl donk, br nnti aq cb krim k majalah, hehehehehe………


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: