SYARAT KIRIM CERPEN KE MAJALAH

Saya senang sekali dengan antusiasme para murid yang ingin sekali ngirim cerpen ke majalah. Tapi, sayang sekali banyak yang tidak tahu bagaimana caranya. Sebenarnya, dulu ketika baru pertama kali mengirim cerpen ke media cetak, saya juga buta. Tidak tahu syarat-syaratnya, tetapi saya selalu memerhatikan semua isi majalah yang menjadi sasaran saya. Biasanya – entah di halaman pertama atau paling belakang – sering tercantum kolom kecil yang berisi syarat untuk pengiriman naskah. Jadi, kalau kalian mau kirim cerpen ke sebuah majalah/surat kabar, periksa saja dengan teliti halaman-halaman pertama dan terakhir. Kalau tidak ada juga, coba cek semua halaman dari atas sampai bawah.

Tapi untuk membantu kalian, saya akan coba memaparkan yang saya tahu mengenai syarat pengiriman cerpen ke majalah.

– TEMA CERPEN :
Sesuaikan dengan visi dan misi majalah/surat kabar yang menjadi sasaran kalian. Kalau majalah remaja, tentu saja temanya untuk anak remaja. Jangan sampai cerpen bagus kamu tidak dimuat gara-gara tidak sesuai dengan visi dan misi majalah/surat kabar. Akan lebih sip jika kalian beli dulu majalah yang akan dituju, baca cerpen yang dimuat di majalah itu sehingga kalian tahu kira-kira tema seperti apa yang disukai redaksi majalah tersebut.

JUMLAH HALAMAN :
Ini yang paling penting, karena jumlah halaman yang tidak memenuhi syarat bisa menjadi alasan tidak dimuat sebuah cerpen. Padahal, cerpennya sudah bagus. Sayang sekali kan? Karena itu, jangan sampai cerpen yang kalian buat melebihi jumlah halaman yang diminta. Biasanya, jumlah halaman yang diminta adalah 5 – 7 halaman folio. Tapi, tergantung majalahnya juga.

– JUMLAH KATA :
Ada pula majalah yang sangat memerhatikan jumlah kata yang terdapat dalam sebuah cerpen. Cara mengetahui jumlah kata : klik TOOLS di jendela Word kalian, lalu klik WORD COUNT. Nanti akan terlihat : pages, words, characters (dg spasi) characters (tanpa spasi).

– JUMLAH KARAKTER :
Harus dibedakan antara jumlah kata dengan jumlah karakter. Yang dimaksud jumlah karakter adalah jumlah kata lengkap dengan tanda baca dan spasi antar kata. Sedangkan jumlah kata adalah jumlah kata yang ada di cerpen. Untuk mengecek jumlah karakter caranya sama dengan mengecek jumlah kata.

– SPASI :
Biasanya spasi yang diminta adalah spasi dobel (rangkap). Ini untuk memudahkan editor membaca karya kalian. Kalau terlalu rapat, kan susah bacanya. Bikin mata pedes. Untuk mengecek spasi bisa klik Format lalu klik paragraf dan cari di Line Spacing. Di situ tercantum berbagai pilihan spasi. Ada 1,5 lines, single, double, dll

– ALAMAT EMAIL DAN ALAMAT KANTOR REDAKSI :
Perhatikan cara pengiriman cerpennya, apakah bisa via email atau harus dikirim by pos? Kalau harus dikirim by pos berarti kalian harus mengetik dan mencetaknya di atas kertas sesuai ukuran yang diminta. Setelah itu baru dikirim lewat pos. Perangkonya jangan sampai kurang ya? Nanti tidak sampai lho!

Kalau dikirim lewat email sih mudah dan cepat. Tapi tak semua majalah mencantumkan alamat email dan bersedia menerima naskah by email.

– NOMOR REKENING :
Jangan lupa cantumkan nomor rekening kalian untuk memudahkan pengiriman honor cerpen kalian. Usahakan norek atas nama kalian sendiri. Bukan atas nama orang lain. Biasanya, norek yang diminta adalah norek BCA. Kalau tidak ada norek BCA,bisa dengan norek Bank lain tapi mungkin akan dipotong biaya kirim. Semuanya tergantung kebijakan redaksi. Hanya saja, hampir semua redaksi majalah/surat kabar punya norek BCA.

– BIODATA :
Boleh disertakan di halaman terpisah dari cerpen kalian apabila memang diminta, tapi jika tidak diminta yaaa…tidak usah diberikan. Isi Biodata biasanya berupa :
Nama lengkap, Nama samaran (kalau kalian mau pakai nama samaran), tempat/tgl lahir, pekerjaan, alamat rumah dan nomor telpon/handphone.

– NOMOR TELPON/HAPE :
Ini yang paling penting. Karena kalau cerpen kalian dimuat, biasanya akan diberitahukan by phone. Jarang sekali pemberitahuan via email. So, jangan sampai lupa mencantumkan nomor telpon. Kalau bisa, nomor telpon/hape yang pasti. Jadi, kalau berniat ngirim cerpen, jangan suka ganti-ganti nomor hape ya?

– JANGKA WAKTU TUNGGU :
Setelah cerpen dikirim, kalian tunggu saja kira-kira 3 bulan sejak tanggal naskah diterima. Biasanya, bila lewat 3 bulan tidak dimuat, berarti cerpen ditolak. Tetapi, cerpen saya pernah dimuat setelah 1 tahun lewat. Saya sendiri sampai kaget, tak menyangka cerpen itu dimuat karena sudah lama sekali. Namun itu jarang terjadi. Tiga bulan adalah batas waktu tunggu yang umum.

Oke, selamat mencoba mengirim cerpen ya. Good Luck!

19 Comments »

  1. 1
    zujoe Says:

    ;;) hooo… pantesan… cerpenku nggak pernah di muat….

  2. 2
    buwel Says:

    makasih imfonya mbak…..

  3. 3
    AISHALIFE-LINE Says:

    perlu di save nih…thanks sharingnya sis.siapa tahu suatu saat saya juga bisa nulis cerpen hehehe

  4. 4
    Kabasaran Soultan Says:

    Nice info bu guru…masalahnya sekarang cerpennya yang kagak jadi-jadi.wakakakakakaka

  5. 5
    bening Says:

    ijin simpan bug, makin semangat nulis neh!!!!

  6. 6
    bluethunderheart Says:

    makasih infonya .salam persahabatansalam hangat selalu

  7. 7
    yans"dalamjeda" Says:

    Oke tipsnya……wah!! kpn2 pasti mampir lg. hehehe…..sy akan sangat berterimakasih andai mbak ngasih kritik -bahkan yg paling pedes- dlm cerpen di Ruang jeda. "ketika bidadari itu pergi"😕 . kira2 gmn saran dr yg bpengalaman.

  8. 8
    Seti@wan Dirgant@Ra Says:

    Mbak,…. makasih yah. Tapi mending aku kirim Cerpen kesini dulu ah. Tunggu yah mbak…. Mohon dibedah….

  9. 9
    Seti@wan Dirgant@Ra Says:

    Cerpennya udah saya kirim,…. mohon dipermak, atau dimutilasi sekalian…

  10. 10
    Yunie 罗 (陈有芳) Says:

    thanks infonya…salam kenal!

  11. 11
    fanny Says:

    @setiawan : iya udah terima. sabar ya. nanti aku baca. @yunie : lam kenal juga.@yans : udah aku baca dan koment ya cerpennya.

  12. 12
    Noor's blog (inside of me) Says:

    kalau minta alamat2 majalah yang biasa nampung kiriman cerpen dari mba Fanny…boleh ga..?

  13. 13
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @noor : lho, di antara majalah2 yg kusebutkan itu kan memang suka menampung cerpenku. gimana toh? coba perhatikan postingan cerpenku di blog Sang cerpenis. kan disebut dimuat di majalah mana. tapi ada juga beberapa majalah yg sudah gak terbit, terutama majalah yg memuat karyaku wkt SMP dan SMA. jadi gak mungkin ditampilin alamatnya.

  14. 14
    n. mursidi Says:

    selamat menulis cerpen

  15. 15
    n mursidi Says:

    selamat menulis cerpen

  16. 16
    senja reno Says:

    ngulik ngulik dr tadi cuma info ini yang paling jelas…makasi ya mbak cantik..http://i654.photobucket.com/albums/uu264/mastegar/kucing%20gif/ngakak.gif

  17. 17
    Anonymous Says:

    hm….napa ya mbak, saya tuh sukanya bikin cerpen yang puanjangnya..,minta ampun.makasih.

  18. 18
    Dhe Says:

    makasih banget fann.. infonya.. :Dini yang dhe cari2😀

  19. 19
    vina febrina Says:

    AKU PASTI BISA..MAKSIH MB ATAS INFONYA INI BENER2 BISA BUAT AKU SEMANGAT UNTUK KIRIM CERPEN2KU MAKSIH KK..JANGAN LUPA ADD FB KU YAH KK HEHEHEvina_febrina19@yahoo.com


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: