PERHATIKAN BAIK-BAIK!

Baru-baru ini saya membaca artikel di sebuah majalah Kumpulan Cerpen tentang sebab-sebab naskah cerpen ditolak. Salah satunya adalah masalah TANDA BACA, HURUF BESAR dan SPASI/JEDA.

Wah, ketika saya baca artikel itu, saya langsung teringat akan kesalahan yang SELALU dibuat para murid yang ngirim cerpen ke blog ini. Rupanya, kesalahan penggunaan tanda baca, huruf besar dan spasi/jeda itu sering ditemui juga oleh para editor fiksi ya.

Untuk masalah tanda baca dan huruf besar sudah pernah saya ulas di artikel-artikel sebelumnya. Tapi, untuk masalah spasi/jeda akan saya bahas hari ini.

Tentunya, kalian tahu kalau dalam satu kalimat pasti ada spasi or jeda misalnya :
TUTI NAIK SEPEDA. Jarak kata TUTI dengan NAIK itu berarti spasi atau jeda. Jarak antara kata NAIK dengan SEPEDA juga ada spasi.

Nah, kalau kalian ingin cerpen kalian dimuat, perhatikan juga ya masalah spasi atau jeda. Karena menurut artikel itu, kalau ada cerpen yang penggunaan tanda baca, huruf besar dan spasi/jeda enggak bener alias ngawur, maka biasanya cerpen itu enggak akan dibaca sampai habis. Secara kerjaan editor itu kan banyak. Mereka harus menyeleksi sekian ratus cerpen yang masuk. Mungkin juga lebih.

Sayang banget kan kalau cerpen bagus kamu masuk tong sampah gara-gara penggunaan tanda baca yang ngaco. So, coba ingat lagi pelajaran Bahasa Indonesia waktu sekolah. Masa sih dilupakan begitu aja?

</span

13 Comments »

  1. 1
    Ivan Kavalera Says:

    ๐Ÿ˜• makasih infonya mbak. Maaf nih baru mampir. Agak sibuk banyak acara roadshow di luar kota.

  2. 2
    Kabasaran Soultan Says:

    Terima kasih ibu guru ….sepertinya sangat sederhana sekali tetapi dalam pelaksanaannya perlu disiplin yang tinggi.Terlepas untuk apapun tujuannya, belajar bahasa tulis yang benar dan baik tetap harus dilakukan.Terima kasih …sungguh.

  3. 3
    Kabasaran Soultan Says:

    Ada komedi Fanny yang Funny di kabasaran.

  4. 4
    buwel Says:

    makasih Bu…..^_^

  5. 5
    A-chen Says:

    makasih Bu GUYU…..:s

  6. 6
    Sang Cerpenis bercerita Says:

    @buwel dan achen : dasar kembar. podo wae.

  7. 7
    Yunna Says:

    :oNasihat yg bagus. Aku juga sering kurang merhatiin yg namanya spasi ato jeda…

  8. 8
    Anazkia Says:

    Makasih bu Guru๐Ÿ™‚

  9. 9
    YudiWS Says:

    Hmm… Gitu ya?

  10. 10
    namaku wendy Says:

    lah ini dia, kalo gak teliti nyortirnya bagimana cuba?!?

  11. 11
    Ramadhan Aditya Says:

    hihi…aku mah kalo lagi males ngetiknya asal2an, mau huruf gede kecilnya..hhe๐Ÿ™‚

  12. 12
    fanny Says:

    @ramadhan : wah, kalo mo serius jadi penulis gak bisa gitu, nak.

  13. 13
    Ramadhan Aditya Says:

    huhu…iyah iyah…paling kalo nulis kaya gitu nulis di note fesbuk ja ko..hhe


RSS Feed for this entry

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: